Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind maaping berbantuan media manipulatif terhadap Pemahaman konsep ipa kelas 5 sdn

RAHMAWATI, RIZQI BANGUN (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind maaping berbantuan media manipulatif terhadap Pemahaman konsep ipa kelas 5 sdn. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Rizqi, Bangun Rahmawati. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Mind Maaping Berbantuan Media Manipulatif dengan pemahaman Konsep IPA kelas 5 SD Puri. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Dosen pembimbing ( 1 ) Sekar Dwi Ardianti, M.Pd ( 2 ) Dr. Wawan Shokib R, M.Pd Berpikir secara mendalam dan mampu mengekspresikan diri melalui model pembelajaran kelompok yang menurut siswa aktif dan bekerja sama dengan teman satu kelmpoknya untuk mngembangkan pemahaman konsep. Penerapan model pembelajaran mind mapping. Penerapan model pmebelajaran mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan meningkatkan ketrampilan guru mengajar materi sumber daya alam. Penelitian kelas ini dilakukan di kelas V SD 03 Puri Pati dengan jumlah siswa dan guru dengan subjek uji sebanyak 24 orang, yang berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Variable terikat adalah kamampuan pemahaman konsep siswa dan varibel bebasnya adalah model pembelajaran mind mapping. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa setelah menerapkan model mind mapping pada siklus I memperoleh nilai 75,0 dengan presentase 78% dan ketuntasan siswa mencapai 66%. Peningkatan hasil pemahaman konsep pada siklus II sebesar 82,25 dengan presentase 83% dan hasil presentase ketuntasan siswa sebesar 83%. Penerapaan model mind mapping pada materi sumber daya alam dapat meningkatakan pemahaman konsep dan ketrampilan guru mengajar, oleh karena itu, dalam pembelajaran disarankan agar guru memanfakatkan model mind mapping dengan sebaik-baiknya agar siswa dan berperan aktif dalam prose pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Mind Maaping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 21:23
Last Modified: 27 Jul 2023 21:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item View Item