RAHMAWATI, RIZQI BANGUN (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind maaping berbantuan media manipulatif terhadap Pemahaman konsep ipa kelas 5 sdn. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (721kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (390kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (137kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Rizqi, Bangun Rahmawati. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Mind Maaping Berbantuan Media Manipulatif dengan pemahaman Konsep IPA kelas 5 SD Puri. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Dosen pembimbing ( 1 ) Sekar Dwi Ardianti, M.Pd ( 2 ) Dr. Wawan Shokib R, M.Pd Berpikir secara mendalam dan mampu mengekspresikan diri melalui model pembelajaran kelompok yang menurut siswa aktif dan bekerja sama dengan teman satu kelmpoknya untuk mngembangkan pemahaman konsep. Penerapan model pembelajaran mind mapping. Penerapan model pmebelajaran mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan meningkatkan ketrampilan guru mengajar materi sumber daya alam. Penelitian kelas ini dilakukan di kelas V SD 03 Puri Pati dengan jumlah siswa dan guru dengan subjek uji sebanyak 24 orang, yang berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Variable terikat adalah kamampuan pemahaman konsep siswa dan varibel bebasnya adalah model pembelajaran mind mapping. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa setelah menerapkan model mind mapping pada siklus I memperoleh nilai 75,0 dengan presentase 78% dan ketuntasan siswa mencapai 66%. Peningkatan hasil pemahaman konsep pada siklus II sebesar 82,25 dengan presentase 83% dan hasil presentase ketuntasan siswa sebesar 83%. Penerapaan model mind mapping pada materi sumber daya alam dapat meningkatakan pemahaman konsep dan ketrampilan guru mengajar, oleh karena itu, dalam pembelajaran disarankan agar guru memanfakatkan model mind mapping dengan sebaik-baiknya agar siswa dan berperan aktif dalam prose pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Mind Maaping |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 21:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 21:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18909 |
Actions (login required)
View Item |