SA’ADAH, SA’ADAH (2023) Pengembangan e-modul sastra anak berbasis kearifan lokal pati sebagai suplemen pembeljaran siswa kelas iv sdn tegalharjo 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (534kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02, hal tersebut disebabkan oleh minat baca siswa rendah, kurangnya motivasi dalam kegiatan literasi, serta terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan efektif untuk mendukung kegiatan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sastra anak. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan E-Modul berbasis kearifan lokal, menguji validitas E-Modul berbasis kearifan lokal, dan mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi sastra anak siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R& D) dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02 yang berjumlah 6 siswa. E-modul dikembangkan sebagai suplemen pembelajaran untuk melengkapi buku pelajaran pokok. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul berbantuan aplikasi Anyflip. Hasil validasi menggunakan rumus V-Aiken. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 0,82 dengan kategori layak, dan validasi ahli materi juga diperoleh rata-rata skor yang sama yaitu 0,82. Respon siswa terhadap E-Modul diperoleh sebanyak 98,89% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul suplemen pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati dinyatakan layak untuk digunakan dalam melengkapi buku pelajaran pokok siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02. E-Modul berpotensi menjadi suplemen bahan ajar digital yang faktual, update, dan praktis.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : M. Syafruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | E-Modul, Sastra Anak,Kearifan Lokal, Suplemen Pembelajaran. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 00:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 00:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18911 |
Actions (login required)
View Item |