Pengembangan e-modul sastra anak berbasis kearifan lokal pati sebagai suplemen pembeljaran siswa kelas iv sdn tegalharjo 02

SA’ADAH, SA’ADAH (2023) Pengembangan e-modul sastra anak berbasis kearifan lokal pati sebagai suplemen pembeljaran siswa kelas iv sdn tegalharjo 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02, hal tersebut disebabkan oleh minat baca siswa rendah, kurangnya motivasi dalam kegiatan literasi, serta terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan efektif untuk mendukung kegiatan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sastra anak. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan E-Modul berbasis kearifan lokal, menguji validitas E-Modul berbasis kearifan lokal, dan mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi sastra anak siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R& D) dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02 yang berjumlah 6 siswa. E-modul dikembangkan sebagai suplemen pembelajaran untuk melengkapi buku pelajaran pokok. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul berbantuan aplikasi Anyflip. Hasil validasi menggunakan rumus V-Aiken. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor 0,82 dengan kategori layak, dan validasi ahli materi juga diperoleh rata-rata skor yang sama yaitu 0,82. Respon siswa terhadap E-Modul diperoleh sebanyak 98,89% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul suplemen pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati dinyatakan layak untuk digunakan dalam melengkapi buku pelajaran pokok siswa kelas IV di SDN Tegalharjo 02. E-Modul berpotensi menjadi suplemen bahan ajar digital yang faktual, update, dan praktis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : M. Syafruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: E-Modul, Sastra Anak,Kearifan Lokal, Suplemen Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:17
Last Modified: 28 Jul 2023 00:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item