Penerapan model ( think pair share ) berbantuan mystery pics dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv

WARDANA, RENANDA WAHYU (2023) Penerapan model ( think pair share ) berbantuan mystery pics dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media visual gambar dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakuka proses belajar yang berupa perubahan tingkah laku atau bertumbuhnya pengetahuan. Think Pair Share sendiri yaitu metode pembelajaran yang menggunakan gambar-gambar relevan atau kasus agar siswa dapat menganalisis isi gambar atau kasus tersebut. Peneltian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Hadipolo dengan subjek penelitian adalah 19 siswa, penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share media Mystery pics. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 61% dan meningkat pada siklus II sebesar 87%, dan pada muatan Pendidikan Pancasila siklus I sebesar70% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Sedangkan hasil belajar ranah keterampilan pada muatan Pendidikan Pancasila siklus I sebesar 69% dan meningkat pada siklus II sebesar 97%, dan muatan Bahasa Indonesia siklus I sebesar 56% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Keterampilan guru siklus I sebesar 82% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media Mystery pics dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada Hidup kelas IV SD 2 Hadipolo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Lovika Ardana Riswari, M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, Think Pair Share, Mystery pics
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:33
Last Modified: 28 Jul 2023 00:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item View Item