WARDANA, RENANDA WAHYU (2023) Penerapan model ( think pair share ) berbantuan mystery pics dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (205kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media visual gambar dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakuka proses belajar yang berupa perubahan tingkah laku atau bertumbuhnya pengetahuan. Think Pair Share sendiri yaitu metode pembelajaran yang menggunakan gambar-gambar relevan atau kasus agar siswa dapat menganalisis isi gambar atau kasus tersebut. Peneltian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Hadipolo dengan subjek penelitian adalah 19 siswa, penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share media Mystery pics. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 61% dan meningkat pada siklus II sebesar 87%, dan pada muatan Pendidikan Pancasila siklus I sebesar70% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Sedangkan hasil belajar ranah keterampilan pada muatan Pendidikan Pancasila siklus I sebesar 69% dan meningkat pada siklus II sebesar 97%, dan muatan Bahasa Indonesia siklus I sebesar 56% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Keterampilan guru siklus I sebesar 82% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media Mystery pics dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada Hidup kelas IV SD 2 Hadipolo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Lovika Ardana Riswari, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Think Pair Share, Mystery pics |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 00:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 00:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18914 |
Actions (login required)
View Item |