Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas iv sdn mayonglor 04 jepara

RIFDAH, RIFDAH (2023) Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas iv sdn mayonglor 04 jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Mayinglor 04 dalam mengikuti pembelajaran tematik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk komparasi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual Pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menelaah berbagai informasi sebagai acuan untuk menghadapi persoalan. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, yakni suatu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya di hadapan teman, melatih siswa untuk menjadi facilitator dalam suatu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A & B di SDN Mayonglor 04 yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan model Nonequivalent Kontrol Group Design. Kemudian untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis berupa uraian, angket, observasi dan dokumentasi. Serta menggunkan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji homogenitas dan analisis pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa serta analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual. Hasil penelitian ini menunjukan skor Independent Samples Test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol (68,50) yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen (82,60) yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual. Sedangkan dari uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63,2416 atau 63% dan kelas kontrol 32,6714 atau 33% yang dapat ditafsirkan bahwa penggunaan model Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual di kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual, dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantu media audiovisual pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Ika Ari Pratiwi, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Much Arsyad Fardani, M.pd
Kata Kunci: Berpikir kritis, Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:01
Last Modified: 28 Jul 2023 01:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18917

Actions (login required)

View Item View Item