MUFATIKHAH, NURUL (2023) Analisis strategi guru dalam memberikan motivasi belajar ppkn pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan tentang kurang aktifnya seorang siswa yang dikarenakan tidak adanya motivasi belajar dalam diri setiap siswa. Adanya permasalahan tersebut guru merupakan peran yang sangat diperlukan, seorang guru dapat memberikan motivasi belajar dengan menggunakan strategi yang membuat suasana kelas lebih efektif, efesien dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013. Terutama pada muatan PPKn, karena muatan PPKn sendiri memiliki kesan yang membosankan untuk siswa. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Untuk menganalisis strategi guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa kelas IV SDN 2 Dorang. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa kelas IV SDN 2 Dorang. Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang disusun oleh setiap guru untuk dapat digunakan pada saat proses belajar mengajar kepada siswanya yang disertai dengan sumber belajar atau media pembelajaran yang sudah disediakan guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. Adanya seorang guru merancang strategi pembelajaran supaya proses belajar mengajar dapat membantu pemahaman siswa dan juga dapat membuat suasana belajar mengajar tidak membosankan. Penelitian ini akan dilaksanakan dikelas IV SDN 2 Dorang dengan subjek 4 siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif studi kasus tunggal. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu motivasi belajar PPKn siswa sekolah dasar. Sedangkan variabel terikat yaitu strategi guru, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi yang diberikan ooleh guru dapat membantu siswa menumbuhkan motivasi belajarnya. Strategi pembelajaran yang digunakan ada 4 yaitu, strategi ekspositori, strategi kontekstual, strategi kooperatif, dan strategi inkuiri dengan bantuan motivasi yang diberikan oleh guru yaitu nilai, pujian, hadiah, dan mengetahui hasil. Saran untuk siswa yang motivasi belajarnya masih kurang diharapkan untuk selalu semangat dan tekun dalam belajar. Serta selalu mengembangkan kreativitas dan selalu menanamkan motivasi pada dalam diri
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Strategi Pembelajaran Guru, Motivasi Belajar PPKn. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:08 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18918 |
Actions (login required)
View Item |