AZMA, ISFI ZUHAIDA FAUZIATUL (2023) Perilaku adaptif kedisiplinan anak selama pasca pandemi covid-19 sd negeri cengkalsewu 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan anak dalam perilaku adaptasi belajar selama pasca pandemi Covid-19 di SD N Cengkalsewu 01, dengan rumusan masalah faktor apa saja yang mempengaruhi kedisiplinan anak dalam perilaku adaptasi belajar pasca pandemi Covid-19 SD N Cengkalsewu 01. Penelitian ini membahas tentang perilaku adaptif kedisiplinan anak pasca pandemi Covid-19. Perilaku adaptif merupakan suatu kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan norma atau standar yang berlaku dilingkungannya. Sedangkan kedisiplinan adalah suatu aturan atau tata tertib yang diterapkan melalui kegiatan pembiasaan yang baik dan diharapkan anak didik dapat memahami dan mematuhinya. Perilaku adaptasi anak pasca pandemi menjadikan anak harus merubah kebiasaan-kebiasaan lama yang kurang baik menjadi kebiasaan baru yang dapat membuat dirinya mempunyai sikap kedisiplinan., sejalan dengan pernyataan tersebut penelitian ini memperdalam bagaimana perilaku adaptasi anak dalam kedisiplinan pasca pandemi di SD N Cengkalsewu 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Cengkalsewu 01 Kecamatan Sukolilo Kaabupaten Pati, dengan mengambil subjek siswa dan guru kelas sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku adaptasi kedisiplinan anak pasca pandemi Covid-19 di SD N Cengkalsewu 01 masih kurang. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan anak dalam perilaku adaptif belajar pasca pandemi ada dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti motivasi, minat, konsentrasi dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa diantaranya faktor keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Pada menanamkan kedisiplinan anak dalam perilaku adaptasi hendaknya orang tua selalu memberikan pengawasan dan motivasi agar anak mampu melakukan perubahan baik seperti yang diharapkan. Selain itu guru juga dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat agar anak tidak cepat bosan, serta guru juga bisa memberikan dorongan yang sifatnya mengajak siswa melakukan kegiatan yang bersifat positif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Perilaku adaptif, kedisiplinan anak, pasca pandemi Covid-19 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18920 |
Actions (login required)
View Item |