Pengaruh karakter disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas v sd negeri 01 karangrejo kecamatan juwana kabupaten pati

SHOLIHATUZZAHROH, NOFIA (2023) Pengaruh karakter disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas v sd negeri 01 karangrejo kecamatan juwana kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Karakter disiplin yang diterapkan dalam peraturan sekolah ada yang berpengaruh penting dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakter disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo, Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, dengan rumusan masalah bagaimana pengaruh karakter disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo dan seberapa besar pengaruh karakter disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo. Karakter Displin merupakan cara berpikir atau berperilaku dalam menaati aturan dan tata tertib sebab dorongan dan kesadaran dari diri seseorang itu sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Indikator karakter disiplin diantaranya mengerjakan tugas sekolah dirumah, mempersiapkan keperluan sekolah dirumah, sikap saat pembelajaran, kehadiran peserta didik, dan melaksanakan tata tertib sekolah. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 01 Karangrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati dengan pengumpulan data yang diperoleh dari kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil Penelitian ini menunjukkan perhitungan regresi linier diperoleh persamaan Y’ = 37,443 + 0,583X yang berarti nilai Nilai konstanta (a) adalah 37,443 artinya jika karakter disiplin siswa bernilai 0 (nol), maka hasil belajar siswa bernilai positif yaitu 37,443. Nilai koefisien kolerasi (b) adalah 0,583, artinya setiap kenaikan karakter disiplin siswa bernilai 1 (satu), maka hasil belajar siswa juga akan naik sebesar 0,583. Hasil signifikansi adalah 0,176 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikansi antara karakter disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo karena 0,016 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara karakter disiplin dengan hasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Karangrejo dengan pengujian hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,554 > 2,04841). Dengan menggunakan Koefisien Determinasi (R) maka diperoleh R = 0,160 ini sebesar 16% sedangkan 84% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Karakter Disiplin, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:29
Last Modified: 28 Jul 2023 01:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item View Item