ALGUDSI, MOHAMMAD ABDULLAH (2023) Analisis kelayakan usaha berdasarkan aspek finansial dan strategi pengembangan bisnis menggunakan metode strength, weakness, opportunity and threats (swot) dengan kerangka valuable, rare, imitate to cost and organized (vrio) (studi kasus kedai kopi “ngopiditeras” kudus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Antusias masyarakat terhadap kedai kopi khususnya anak muda sangatlah tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya kedai kopi yang ada di Kota Kudus. Banyaknya kedai kopi menjadikan pilihan bagi anak muda untuk kegiatan sosialisasi, diantaranya berkumpul dengan teman. Salah satu kedai kopi di Kudus adalah “Ngopiditeras”. Dari banyaknya usaha yang sejenis maka perlu dilakukan analisis kelayakan usaha dan strategi pengembangan bisnis dengan tujuan untuk mengetahui kedai tersebut apakah layak untuk dikembangkan. Metode yang digunakan dalam menganalisis kelayakan tersebut adalah dengan mempertimbangkan Aspek Finansial dengan menghitung Payback Periode (PP), Net Present Value (NPV), Break Event Point (BEP) dan menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity And Threats (SWOT) serta Kerangka Valuable, Rare, Imitate To Cost And Organized (VRIO) sebagai penentuan strategi pengembangan bisnis. Hasil dari analisis yang telah dilakukan kedai kopi “Ngopiditeras” dianggap layak untuk bersaing usaha sejenis karena nilai NPV lebih dari 0 yaitu Rp. 1.535.543,-, serta Payback Periode untuk pemulihan biaya investasi adalah 5 bulan 16 hari dengan penjualan sebesar 3.519 unit. Berdasarkan nilai IFE yaitu sebesar 2.54 dan nilai EFE yaitu sebesar 2.71, maka kedai kopi “Ngopiditeras” berada pada strategi V yang berarti kedai tersebut mampu bertahan dengan penetrasi pasar dan perlu adanya pengembangan produk. Dari hasil tersebut, maka kerangka VRIO untuk pengembangan produk lebih menekankan pada level temporary competitive advantage. Agar dapat meningkat menjadi level sustainable competitive advantage dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan peralatan yang dimiliki untuk menciptakan produk yang berkualitas, menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan melalui peningkatan layanan, serta melakukan inovasi secara berlanjut terhadap menu yang ditawarkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Vikha Indira Asri, S.T., M.T DOSEN PEMBIMBING II : Dina Tauhida, S.T., M.Sc |
Kata Kunci: | Kedai Kopi, Analisis Kelayakan Usaha, SWOT, VRIO |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen Teknologi > Teknologi (umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 20:40 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 21:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18938 |
Actions (login required)
View Item |