Rinandra Putri, Nifa (2023) Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing pada umkm jenang di kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (601kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (511kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi, 2) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap Inovasi 3) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, 4) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap Keunggulan bersaing 5) pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Jenang di Kudus. Penelitian ini menguji variable orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang dimoderasi oleh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Pada penelitian ini, menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan 63 sampel UMKM Jenang. 30 sampel yang pertama peneliti gunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument. Sedangkan sisa sampelnya peneliti gunakan untuk melakukan uji regresi dan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi pasar maupun orientasi kewirausahaan pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh terhadap inovasi produk. Kemudian, pada model kedua inovasi produk yang berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan analisa jalur, peneliti menemukan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Pada jalur, peneliti tidak menemukan pengaruh tak langsung orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.kesimpulan yang dapat diambil dari analisa jalur orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing yang dimoderasi oleh inovasi produk menunjukkan tidak ada pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 :Nurul Rizka Arumsari,SE.,MM Dosen Pembimbing 2 :Noor Aziz,S.E,. M.M |
Kata Kunci: | Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan bersaing |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Periklanan Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 20:10 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 18:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19082 |
Actions (login required)
View Item |