Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing pada umkm jenang di kudus

Rinandra Putri, Nifa (2023) Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing pada umkm jenang di kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi, 2) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap Inovasi 3) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, 4) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap Keunggulan bersaing 5) pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Jenang di Kudus. Penelitian ini menguji variable orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang dimoderasi oleh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Pada penelitian ini, menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan 63 sampel UMKM Jenang. 30 sampel yang pertama peneliti gunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument. Sedangkan sisa sampelnya peneliti gunakan untuk melakukan uji regresi dan analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi pasar maupun orientasi kewirausahaan pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh terhadap inovasi produk. Kemudian, pada model kedua inovasi produk yang berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan analisa jalur, peneliti menemukan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Pada jalur, peneliti tidak menemukan pengaruh tak langsung orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.kesimpulan yang dapat diambil dari analisa jalur orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing yang dimoderasi oleh inovasi produk menunjukkan tidak ada pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 :Nurul Rizka Arumsari,SE.,MM Dosen Pembimbing 2 :Noor Aziz,S.E,. M.M
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan bersaing
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Periklanan
Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Aug 2023 20:10
Last Modified: 22 Aug 2023 18:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item