TAUFIK, MUHAMMAD (2023) Analisis sentimen internet service provider (isp) myrepublic berdasarkan pendapat pelanggan melalui media sosial twitter. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (533kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (306kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
Abstrak
Teknologi informasi sangatlah penting dalam pesatnya perkembangan zaman sekarang, perkembangan yang ada sekarang tidak lah luput dengan peran internet. Internet sudah menjadi sumber informasi yang aktual dan universal bagi penggunanya untuk mencari berbagai macam informasi yang telah terjadi. Pada tahun 2018, ada 64,8% dari total populasi penduduk di Indonesia merupakan pengguna internet. Angka tersebut menigkatkan hampir 28 juta jiwa dari tahun 2017-2018. Dimana sebesar 18,9% menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 6,43 juta orang pada Januari 2019 pengguna media sosial Twitter. Hal tersebutlah membuat perusahaan menggunakan media sosial Twitter sebagai media untuk menyebarkan informasi. Myrepublic adalah perusahaan telekomunikasi yang terfokus pada penyediaan layanan Internet dan televisi kabel kepada konsumen dan bisnis. Dimana MyRepublic menggunakan media sosia Twitter dengan jumlah pengikut 9.414. Analisis sentimen merupakan analisis yang bertujuan untuk melihat serta melakukan evaluasi dan mengidentifikasi opini masyarakat atau kelompok mengenai sebuah opini terhadap sebuah produk atau layanan. Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dapat digunakan untuk mengkasifikasikan opini negatif maupun opini positif tersebut. Pada penelitian ini menggunakan dataset sebesar 3199 dan mendapatkan nilai akurasi sebesar 82,96%. Menghasilkan sentiment positif sebesar 6.13%, sentiment negatif sebesar 46.7%, dan sentiment netral sebesar 47.1%.Hasil sentimen tertinggi yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sentimen netaral sebesar 47.1%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Esti Wijayanti, S.Kom., M.Kom DOSEN PEMBIMBING 2: Muhammad Imam Ghozali, M.Kom |
Kata Kunci: | Analisis Sentimen, MyRepublic, Twitter, Naïve Bayes Classifier |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 02:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 02:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19418 |
Actions (login required)
View Item |