Coping stress guru pendamping anak berkebutuhan khusus

HAMIDAH, SITI (2023) Coping stress guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris upaya coping stress yang dilakukan guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Informan penelitian terdiri dari tiga orang. Jenis penelitian kualitatif dan teknik triangulasi untuk uji kredibilitas data. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga informan menggunakan upaya coping yang terdapat pada aspek emotion focused coping dan problem focused coping. Namun terdapat tiga upaya coping pada aspek emotion focused coping yang tidak digunakan salah satu informan karena dirasa tidak berpengaruh baginya. Ketiga informan sudah melakukan self control namun kemampuan coping yang dilakukan belum bagus dan kurang konsisten sehingga masih sering melakukan confrontive coping dengan marah, menggertak, dan melakukan tindakan yang berkaitan dengan fisik anak berkebutuhan khusus. Diantara upaya coping yang cukup efektif dilakukan informan pada penelitian ini yaitu sharing, meminta saran/dukungan kepada rekan kerja atau atasan, melakukan kesibukan lain, bersikap ikhlas, menerima anak dalam hati, menyesuaikan dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus, melakukan tanggung jawab sebaik mungkin, bersyukur, mendekatkan diri kepada Allah, memberi perhatian anak, mencari informasi tambahan untuk mengatasi kendala, serta mengecek perkembangan anak berkebutuhan khusus melalui orang tua.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A
Kata Kunci: Coping Stress, Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:39
Last Modified: 14 Dec 2023 01:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19590

Actions (login required)

View Item View Item