HAMIDAH, SITI (2023) Coping stress guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (591kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris upaya coping stress yang dilakukan guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Informan penelitian terdiri dari tiga orang. Jenis penelitian kualitatif dan teknik triangulasi untuk uji kredibilitas data. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga informan menggunakan upaya coping yang terdapat pada aspek emotion focused coping dan problem focused coping. Namun terdapat tiga upaya coping pada aspek emotion focused coping yang tidak digunakan salah satu informan karena dirasa tidak berpengaruh baginya. Ketiga informan sudah melakukan self control namun kemampuan coping yang dilakukan belum bagus dan kurang konsisten sehingga masih sering melakukan confrontive coping dengan marah, menggertak, dan melakukan tindakan yang berkaitan dengan fisik anak berkebutuhan khusus. Diantara upaya coping yang cukup efektif dilakukan informan pada penelitian ini yaitu sharing, meminta saran/dukungan kepada rekan kerja atau atasan, melakukan kesibukan lain, bersikap ikhlas, menerima anak dalam hati, menyesuaikan dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus, melakukan tanggung jawab sebaik mungkin, bersyukur, mendekatkan diri kepada Allah, memberi perhatian anak, mencari informasi tambahan untuk mengatasi kendala, serta mengecek perkembangan anak berkebutuhan khusus melalui orang tua.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A |
Kata Kunci: | Coping Stress, Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:39 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19590 |
Actions (login required)
View Item |