Perbedaan siswa dengan kepribadian introvert dan ekstrovert ditinjau dari keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif

Khalifah, Fauziah Noor (2023) Perbedaan siswa dengan kepribadian introvert dan ekstrovert ditinjau dari keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan secara empiris pada siswa kepribadian introvert dan ekstrovert yang ditinjau dari keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif. Terdapat 96 partisipan penelitian yang terdiri dari 48 siswa introvert dan 48 siswa ekstrovert. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan alat tes DISC, skala keterlibatan belajar siswa, dan skala berpikir kreatif. Hasil analisis t-test pada hipotesis mayor menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif pada siswa introvert dan ekstrovert yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0.187 (p>0.05). Pada hipotesis minor satu menunjukkan adanya perbedaan keterlibatan belajar siswa pada siswa introvert dan ekstrovert dengan nilai p sebesar 0.012 (p<0.05) dimana siswa introvert memiliki tingkat keterlibatan belajar siswa yang lebih tinggi (M=90.48) dibandingkan siswa ekstrovert (M=84.21). Hipotesis minor kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa introvert dan ekstrovert yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0.870 (p>0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterlibatan belajar siswa pada siswa introvert dan ekstrovert serta tidak ditemukannya perbedaan berpikir kreatif pada siswa introvert dan ekstrovert.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing
Kata Kunci: berpikir kreatif, ekstrovert, introvert, keterlibatan belajar siswa, kepribadian
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama dalam hubungannya satu sama lain
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:52
Last Modified: 27 Dec 2023 01:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item