Khalifah, Fauziah Noor (2023) Perbedaan siswa dengan kepribadian introvert dan ekstrovert ditinjau dari keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (663kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan secara empiris pada siswa kepribadian introvert dan ekstrovert yang ditinjau dari keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif. Terdapat 96 partisipan penelitian yang terdiri dari 48 siswa introvert dan 48 siswa ekstrovert. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan alat tes DISC, skala keterlibatan belajar siswa, dan skala berpikir kreatif. Hasil analisis t-test pada hipotesis mayor menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterlibatan belajar siswa dan berpikir kreatif pada siswa introvert dan ekstrovert yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0.187 (p>0.05). Pada hipotesis minor satu menunjukkan adanya perbedaan keterlibatan belajar siswa pada siswa introvert dan ekstrovert dengan nilai p sebesar 0.012 (p<0.05) dimana siswa introvert memiliki tingkat keterlibatan belajar siswa yang lebih tinggi (M=90.48) dibandingkan siswa ekstrovert (M=84.21). Hipotesis minor kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa introvert dan ekstrovert yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0.870 (p>0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterlibatan belajar siswa pada siswa introvert dan ekstrovert serta tidak ditemukannya perbedaan berpikir kreatif pada siswa introvert dan ekstrovert.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing |
Kata Kunci: | berpikir kreatif, ekstrovert, introvert, keterlibatan belajar siswa, kepribadian |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Agama dalam hubungannya satu sama lain Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 01:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 01:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19655 |
Actions (login required)
View Item |