Malia, Firda Noor (2023) Perlindungan hukum bagi influencer dalam melakukan endorsement produk kecantikan berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan kitab undang-undang hukum perdata. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (432kB) | Preview |
Abstrak
Skripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Bagi Influencer Dalam Melakukan Endorsement Produk Kecantikan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata”, secara umum bertujuan: 1) mengetahui kedudukan hukum dari influencer, pelaku usaha pemilik produk kecantikan, dan pengguna produk kecantikan dalam endorsement berdasarkan UUPK; 2) mengetahui perlindungan hukum bagi influencer yang melakukan endorsement produk kecantikan berdasarkan UUPK dan KUHPerdata. Metode penelitian yang digunakan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskripstif analitis. Metode pengumpulan data dengan study kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder. Data diolah dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Dianalisis secara kualitatif dan disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam endorsement berdasarkan Pasal 1 angka 3 UUPK yang dikaitkan Pasal 17 ayat (1) UUPK influencer sebagai pelaku usaha periklanan, berdasarkan Pasal 1 angka 2 UUPK yang dikaitkan dengan doktrin the privity of contract pemilik produk kecantikan sebagai konsumen dari influencer, sedangkan pengguna produk kecantikan bukan konsumen dari influencer. Perlindungan hukum bagi influencer yang melakukan endorsement produk kecantikan bisa didasarkan pada Pasal 17 ayat (1) huruf f UUPK yang mengakui Pasal 9 UU ITE termasuk aturan periklanan dalam UUPK dan didasarkan pada Pasal 1367 ayat (3) KUHPerdata
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Yusuf Istanto, S.H., M.H. Dosen Pembimbing : 2. Nandha Surya Pamungkas, S.H., M.H. |
Kata Kunci: | Perlindungan Hukum, Influencer, Endorsement |
Subjects: | Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum Hukum > Hukum agama secara umum. Perbandingan hukum agama > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 21:11 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 21:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19731 |
Actions (login required)
View Item |