FUADANA, MOCHAMMAD ALFI (2023) Analisis sentimen terhadap provider wifi biznet pada twitter menggunakan metode naïve bayes. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (787kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (320kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Other (PROGRAM)
skripsiapp.rar - Published Version Restricted to Registered users only Download (142MB) | Request a copy |
Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia menyebabkan semakin banyak pengguna internet dan semakin banyak persaingan dalam layanan internet, mendorong penulis untuk meneliti dan menganalisis ulasan pelanggan penyedia layanan Wi-Fi Biznet di media sosial Twitter. Pada laporan skripsi ini, penulis ingin membangun analisis sentimen pada layanan Biznet pada media sosial Twitter dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan 1219 data dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier diperoleh akurasi 70%, rata-rata presesi 0,8180, rata-rata recall 0,5464, rata-rata skor F1 0,6464, hasil analisis sentiment yang diambil menggunakan kata kunci Biznet menunjukan bahwa tanggapan terhadap layanan biznet lebih banyak memberikan komentar atau pendapat netral. Hasil dari mengklasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dapat digunakan sebagai evaluasi dan penilaian terhadap Biznet.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Ahmad Jazuli, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing II: Tutik Khotimah, S.Kom, M.Kom |
Kata Kunci: | Teknologi, Twitter, Biznet, Analisis Sentimen, Naiv Bayes Classifier |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 22:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 22:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20009 |
Actions (login required)
View Item |