Analisis sentimen terhadap provider wifi biznet pada twitter menggunakan metode naïve bayes

FUADANA, MOCHAMMAD ALFI (2023) Analisis sentimen terhadap provider wifi biznet pada twitter menggunakan metode naïve bayes. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of PROGRAM] Other (PROGRAM)
skripsiapp.rar - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (142MB) | Request a copy

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia menyebabkan semakin banyak pengguna internet dan semakin banyak persaingan dalam layanan internet, mendorong penulis untuk meneliti dan menganalisis ulasan pelanggan penyedia layanan Wi-Fi Biznet di media sosial Twitter. Pada laporan skripsi ini, penulis ingin membangun analisis sentimen pada layanan Biznet pada media sosial Twitter dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan 1219 data dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier diperoleh akurasi 70%, rata-rata presesi 0,8180, rata-rata recall 0,5464, rata-rata skor F1 0,6464, hasil analisis sentiment yang diambil menggunakan kata kunci Biznet menunjukan bahwa tanggapan terhadap layanan biznet lebih banyak memberikan komentar atau pendapat netral. Hasil dari mengklasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dapat digunakan sebagai evaluasi dan penilaian terhadap Biznet.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Ahmad Jazuli, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing II: Tutik Khotimah, S.Kom, M.Kom
Kata Kunci: Teknologi, Twitter, Biznet, Analisis Sentimen, Naiv Bayes Classifier
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Jan 2024 22:57
Last Modified: 30 Jan 2024 22:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item View Item