Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal kudus untuk peningkatkan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa kelas iv sekolah dasar

ULYA, RIFATUL (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal kudus untuk peningkatkan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu 1) merumuskan desain pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus. 2) menganalisis kelayakan desain pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus. 3) menganalisis efektivitas desain pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perencanaan), tahap development (pengembangan) dan tahap dessemination (penyebarluasan). Teknik pendifinisian meliputi analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis materi dan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara, obeservasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas dan reliabilitas, daya beda, indeks kesukaran, uji kelayakan dan uji efektivitas. Uji kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus meliputi validasi ahli dan pretest-posttest. Uji efektivitas LKPD meliputi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji efektivitas menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan 1) desain pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi 2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kudus layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validaror ahli dengan skor rata-rata 81,24% (Sangat Layak) ; dan 3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan P-value = 0,040. terdapat peningkatan pemahaman konsep sebelum dan setelah diajar menggunakan LKPD dengan N gain sebesar 0,452 (sedang) Dari penelitian ini disimpulkan pengembanan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis kearifan lokal Kudus layak dan efektif digunakan untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas 4 SD. Berdasarkan penelitian ini disarankan, bahwa: 1) guru diharapkan dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan mengaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. 2) Siswa perlu pemberian latihan soal yang menekankan pada soal pemahaman konsep agar siswa mampu menguasai konsep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: LKPD, Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:27
Last Modified: 31 Jan 2024 00:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20021

Actions (login required)

View Item View Item