Pengaruh model pembelajaran picture and picture dengan metode storytelling terhadap keterampilan bercerita siswa kelas 3 madrasah ibtidaiyah se kecamatan pecangaan jepara

HAFIDHAH, IKA APRILIYA KARUNI (2023) Pengaruh model pembelajaran picture and picture dengan metode storytelling terhadap keterampilan bercerita siswa kelas 3 madrasah ibtidaiyah se kecamatan pecangaan jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Metode Storytelling terhadap Keterampilan Bercerita siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Pecangaan Jepara. Pembelajaran berbicara yang diajarkan di sekolah dasar salah satunya adalah bercerita. Bercerita merupakan bentuk tugas kemampuan berbicara yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berbicara yang bersifat pragmatis. Fakta di lapangan, masih banyak siswa yang belum menguasai keterampilan berbicara. Kombinasi model Picture and Picture dengan metode Storytelling merupakan kombinasi model dan metode untk meningkatkan keterampilan bercerita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi experimental design menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design, dengan pretest dan postest pada kelas kontrol dan eksperimen Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas 3 MI se Kecamatan Pecangaan yang berjumlah 8 sekolah. Dengan sampel 2 sekolah yaitu di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara dengan Siswa Kelas 3 yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen . Sedangkan untuk kelas kontrol yaitu kelas 3 MI Matholiul Huda Troso 1 yang terdiri dari 22 siswa Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji deskriptif data, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dengan metode Storytelling berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini dibuktikan dengan uji N-gain dengan score 53 dengan kategori sedang. Sementara itu model pembelajaran Picture and Picture dengan metode ceramah tidak berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah dengan score 29 dengan kategori rendah. Pada perhitungan uji-t terdapat perbedaan signifikan antara model pembelajaran Picture and Picture dengan metode Storytelling dan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan metode ceramah hal ini dibuktikan dengan perhitungan signifikansi 0,00<0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dnegan metode Storytelling berpengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Pecangaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, M.P Dosen Pembimbing II: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Model Picture and Picture, Storytelling, Ceramah, Keterampilan Bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:43
Last Modified: 31 Jan 2024 00:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20024

Actions (login required)

View Item View Item