Peningkatan hasil belajar siswa tema 2 melalui model jas (jelajah alam sekitar) pada siswa di kelas vi sd 1 prambatan kidul kabupaten kudus

ANGGRAENI, INDAH (2023) Peningkatan hasil belajar siswa tema 2 melalui model jas (jelajah alam sekitar) pada siswa di kelas vi sd 1 prambatan kidul kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar JAS pada tema 2 kelas VI SD 1 Prambatan Kidul dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada tema 2 kelas VI SD 1 Prambatan Kidul. Hasil belajar ini berupa penilaian kepada siswa setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran. Metode pembelajaran dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) ini yang akan memanfaatkan lingkungan untuk proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa. Pendekatan ini dapat meningkatkan afektif dan psikomotorik siswa agar lebih mudah memahami materi dan konsep yang bersifat abstrak Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VI SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Jelajah Alam Sekitar, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan guru mengajar dan hasil belajar siswa pada tema 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan aspek sikap, keterampilan siswa dan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada kelas VI SD 1 Prambatan Kidul tema 2. Peningkatan aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 (Cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79 (Cukup). Hasil Keterampilan siswa mengalami peningkaan pada siklus I 77,125 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,775 (Baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70 (Baik) dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79 (Baik). Hasil belajar siswa dari prasiklus pada muatan IPA sebesar 30% (Sedang), kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 60% (Tinggi), dan mingkat pada siklus II dengan persentase ketentuntasa klasikal 85% (Sangat Tinggi). Sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh 50 (Sedang) dan siklus II memperoleh 75 (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan hasil belajar tema 2 pada siswa kelas VI SD 1 Prambatan Kidul.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbng I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar, Ketrampilan Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 18:40
Last Modified: 31 Jan 2024 18:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20029

Actions (login required)

View Item View Item