JAMILAH, ZAINAB NAILA HUSNA (2023) Hubungan motivasi berprestasi dan stres akademik dengan flow akademik pada santri tahfidz. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (888kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (239kB) | Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara motivasi berprestasi dan stres akademik dengan flow akademik pada santri tahfidz. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri tahfidz di sebuah pondok pesantren di Kudus, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling berjumlah 100 subjek. Alat pengumpul data adalah skala motivasi berprestasi, skala stress akademik dan skala flow akademik dengan empat alternatif jawaban. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah regresi dua prediktor (hipotesis mayor).Hasil hipotesis mayor diperoleh koefisien rx12y sebesar 0,772 dengan p 0,000 (p < 0,001) yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dan stres akademik dengan flow akademik dengan sumbangan efektif sebesar 59,5% sehingga hipotesis mayor diterima.Hasil hipotesis minor 1 dinyatakan diterima karena besarnya koefisien antara rx1y sebesar 0,638 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan flow akademik dengan sumbangan efektif 40,7%. Hipotesis minor 2 juga dinyatakan diterima karena menunjukkan besarnya koefisien antara rx2y sebesar -0,705 dengan signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) sehingga terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara stress akademik dengan flow akademik serta memiliki sumbangan efektif sebesar 49,7%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : Dr. Trubus Raharjo, S. Psi., M. Si. |
Kata Kunci: | Motivasi Berprestasi, Stres Akademik, Flow Akademik |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 20:56 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 20:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20200 |
Actions (login required)
View Item |