Fadhaliva, Maulida (2023) Penerapan model think pair share berbantuan media karen (kartu perubahan energi) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iv sdn 3 padurenan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (722kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (601kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran masih menggunakan metode teacher centered dan tidak adanya media pembelajaran menyebabkan pemahaman konsep siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 3 Padurenan. Perolehan nilai Penilaian Akhir Semester I dari 13 siswa yang tuntas hanya 5 siswa (38,46%), sedangkan yang belum tuntas berjumlah 8 siswa (61,54%). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam menerapkan model Think Pair Share berbantuan media KAREN (Kartu Perubahan Energi). Model Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan pola interaksi siswa. Media KAREN (Kartu Perubahan Energi) yaitu media berbentuk kartu yang terbuat dari kertas PVC berukuran 20x30cm dilengkapi dengan gambar mengenai materi perubahan energi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Padurenan dengan subjek penelitian 13 siswa dan guru, yang berlangsung selama 2 siklus. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Think Pair Share sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara,observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 70,21% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,29%. Tingkat pemahaman konsep pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 46,15% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,92%. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Think Pair Share berbantuan media KAREN (Kartu Perubahan Energi) dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 3 Padurenan. Peneliti menyarankan supaya model Think Pair Share dapat diterapkan dalam pembelajaran IPAS serta penggunaan media sehingga dapat membantu siswa memahami materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Model Think Pair Share, Media KAREN, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 20:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2024 20:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20274 |
Actions (login required)
View Item |