Students’ public speaking obstacles in joining indonesia international iot olympiad (i3o) (a case study between english major students and non-english major students)

ILFA, ALFIYA (2023) Students’ public speaking obstacles in joining indonesia international iot olympiad (i3o) (a case study between english major students and non-english major students). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berbicara di depan umum adalah keterampilan komunikasi yang paling penting untuk menyampaikan pendapat, ide, atau informasi di depan audiens. Namun beberapa mahasiswa yang mengikuti kompetisi internasional tidak menyampaikan pendapat, ide, atau informasinya dengan baik. Mereka menemukan kendala saat presentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan public speaking mahasiswa dalam mengikuti Indonesia International IoT Olympiad (I3O) dan menggali strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengatasinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini mengambil 6 mahasiswa semester empat dan enam. Pesertanya adalah 3 mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan 3 mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Non-Bahasa Inggris (Pertanian, Sistem Informasi, dan Pendidikan Matematika) yang mengikuti I3O 2022. Peneliti mengikuti kompetisi offline dan online yang merupakan kompetisi online (rekaman sesi penjurian) didapat ketika peneliti menjadi moderator dalam acara tersebut. Peneliti memilih observasi, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen. Berdasarkan temuan penelitian dan diskusi, siswa menghadapi kendala linguistik dan non-linguistik dalam berbicara di depan umum. Hambatan linguistik untuk siswa jurusan bahasa Inggris dan non-bahasa Inggris adalah kurangnya tata bahasa, kurangnya kosa kata, dan kurangnya pengucapan. Dalam hambatan non-linguistik, siswa jurusan bahasa Inggris menghadapi hambatan, takut melakukan kesalahan, merasa gugup dan cemas, tidak dapat bekerja sama dengan tim, khawatir ketika menjawab pertanyaan dari juri, takut audiens tidak mengerti apa yang mereka katakan, tidak tidak menguasai materi, dan bingung untuk memulai berbicara. Sementara, siswa jurusan Non-Bahasa Inggris mengalami hambatan, merasa tidak ingin berkata apa-apa, menjadi rendah partisipasi, menggunakan bahasa ibu, takut melakukan kesalahan, gugup, cemas, kehilangan kepercayaan diri, tidak dapat bekerja sama dengan tim, khawatir saat menjawab pertanyaan. dari hakim. Siswa jurusan bahasa Inggris dan non-Inggris memiliki strategi untuk mengatasi hambatan berbicara di depan umum. Ada gestur, latihan, penggunaan kartu catatan, visualisasi, dan persiapan. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti selanjutnya. Setelah membaca penelitian ini, siswa mengetahui hambatan public speaking dan strategi untuk mengatasinya. Dosen dapat membantu mereka dalam mengikuti English forum dan English Event sebagai persiapan sebelum mengikuti I3O dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Hambatan Berbicara di Depan Umum, IoT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 20:12
Last Modified: 18 Feb 2024 20:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item