Analisis penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran untuk sikap sosial emosional siswa kelas 1 sdn 2 hadipolo

MARSEILA, FEBRISKA (2023) Analisis penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran untuk sikap sosial emosional siswa kelas 1 sdn 2 hadipolo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Depan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan bagi anak merupakan dasar dari pembentukan prilaku dan sikap anak, pembelajaran yang diberikan diharapkan mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangannya, terutama pada aspek emosional pada anak, disebabkan karena Pendidikan yang diberikan terhadap anak sangat menentukan bagaimana masa depan anak tersebut kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk sikap sosial dan emosional siswa kelas I SD N 2 Hadipolo. Sikap sosial merupakan kesadaran seseorang untuk bertingkah laku dengan cara tertentu dan di lingkungan tertentu terhadap objek sosial. Sikap ini juga tidak hanya dinyatakan oleh diri sendiri melainkan juga diperhatikan dan dinyatakan oleh orang di lingkungannya. Sikap emosional merupakan setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai warna afektif baik pada tingkat lemah (dangkal) maupun pada tingkat yang luas (mendalam). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SD N 2 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 3 siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian penggunaan metode bernyanyi untuk sikap sosial emosional sangat baik untuk siswa. Dengan menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran, siswa dapat jujut, bertanggung jawab dan toleransi. Selain itu, siswa juga mampu mengendalikan amarahnya dan perilaku agresifnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bernyanyi dalam pembelajaran sangat baik untuk sikap sosial emosional siswa kelas 1 SDN 2 Hadipolo. Dengan menggunakan metode bernyanyi dapat melatih sikap kejujuran, tanggungjawab dan toleransi siswa dalam menyelesaikan tugas, serta mampu mengendalikan amarah dan perilaku agresifnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: F Shoufika Hilyana, M.Pd
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Sikap Sosial, Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 20:39
Last Modified: 18 Feb 2024 20:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item