Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media konkret terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd 3 tenggeles

MAHMADA, FARIZA SAUQI (2023) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media konkret terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd 3 tenggeles. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa dalam suatu bacaan, hal ini dikarenakan literasi membaca siswa masih rendah. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi hasil belajar pada siswa kelas IV muatan IPA. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 3 Tenggeles. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA dalam penggunaan model discovery learning berbantuan media konkret. Model pembelajaran Discovery Learning atau sering disebut dengan pembelajaran berbasis penemuan sangat cocok bila diterapkan pada siswa kelas tinggi dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre eksperimental design. populasi penelitan ini yaitu siswa kelas IV SD 3 tenggeles yang berjumlah 22 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 22 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Variabel penelitian yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t (t-test), dan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan menggunakan uji pairedd sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model. Penelitian ini diharapkan guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media konkret agar dapat menghasilkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shoufika Hilyana S.Si, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Khamdun, S.Pd, M.Pd,
Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar IPA, media konkret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 21:03
Last Modified: 18 Feb 2024 21:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item