KAMAL, MUHAMMAD SIROJUDIN (2023) Kesantunan siswa sd negeri 3 lebak sebagai cerminan penggunaan ragam bahasa jawa yang benar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (393kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (279kB) | Preview |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kesantunan siswa dan kemampuan penggunaan ragam bahasa Jawa oleh siswa di SD Negeri 3 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. Bahasa Jawa masih digunakan sebagai alat komunikasi di sekolah SD Negeri 3 Lebak, baik di luar kelas maupun didalam kelas. Penggunaan bahasa Jawa yang baik adalah penggunaannya harus sesuai dengan unggah-ungguh basa. Bahasa Jawa mempunyai tingkatan sesuai dengan unggah-ungguh basa. Bahasa Jawa memiliki agam bahasa diantaranya adalah bahasa ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif studi kasus, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dan Guru kelas 5 SD Negeri 3 Lebak. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisi data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan kesantunan siswa SD Negeri 3 Lebak ditunjukan dari sikap angon rasa, adu rasa, empan papan, rendah hati, sikap hormat, dan sikap unggah-ungguh siswa. Alasan siswa memilih menggunakan unggah-ungguh basa yang baik dan benar adalah karena faktor kesantunan, ajaran orang tua, faktor lingkungan tempat tinggal. Upaya guru dalam membiasakan penggunaan unggah-ungguh oleh siswa adalah mengajarkan dan membiasakan menggunakan bahasa krama kepada siswa dan memberikan contoh yang baik dalam berbicara dan bertingkah laku. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dapat menunjukan sikap kesantunan diantaranya sikap angon rasa, adu rasa, empan papan, rendah hati, sikap hormat dan sikap unggah-ungguh basa. Guru, orang tua, dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesantunan dan perkembangan bahasa anak. Oleh karena itu guru dan orang tua harus mengajarkan kepada anak kesantunan dan penggunaan ragam bahasa Jawa yang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd, Pembimbing 2: Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I, M.Pd |
Kata Kunci: | Kesantunan, Ragam bahasa Jawa, Unggah-ungguh. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 23:46 |
Last Modified: | 18 Feb 2024 23:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20281 |
Actions (login required)
View Item |