Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas v melalui model discovery learning dengan berbantuan kokuba (kotak kubus dan balok)

UDMAH, SYAFAATUL (2023) Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas v melalui model discovery learning dengan berbantuan kokuba (kotak kubus dan balok). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas V banyak siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, sehingga menjadikan kemampuan pemecahan matematis siswa rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil prasiklus yang sudah dilakukan sebelumnya dengan rata-rata skor klaksikal kemampuan pemecahan masalah matematis 50,47 dengan kriteri perlu bimbingan. Dari 17 siswa yang tuntas hanya 1 siswa dengan persentase 5,88%, sedangkan 16 siswa belum tuntas dengan persentase 94,11%. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep melalui model discovery learning berbantuan KOKUBA materi volume kubus dan balok. Kemampuan pemecahan masalah adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mencari solusi dari suatu permasalahan yang sedang dihadapinya. Terdapat 4 langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali jawaban. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan sendiri pengetahuannya melalui percobaan, sehingga memberikan hasil pengetahuan yang tidak mudah dilupakan dalam jangka panjang. KOKUBA merupakan media tiga dimensi yang memudahkan siswa dalam belajar yang memberikan gambaran yang semula abstrak menjadi konkrit. Penggunaan media dimaksudkan untuk mendemonstrasikan konsep volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep, Mayong Jepara dengan subjek penelitian 16 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian berlangsung selama 2 siklus yang terdiri 2 pertemuan disetiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V melalui model discovery learning berbantuan KOKUBA menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siklus I yaitu 81,56 kriteria baik dengan persentase ketuntasan 81,25% dan mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 91,5 kriteria sangat baik dengan persentase ketuntasan 93,75%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 70,1% dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,5% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan aktivitas belajar siswa kelas V melalui model discovery learning berbantuan KOKUBA. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran discovery learning dapat menjadi acuan dalam memilih model pembelajaran, karena pembelajaran discovery learning dapat menjadikan siswa aktif, kreatif, dan berpusat pada siswa yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dengan bantuan media KOKUBA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing I : Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Discovery Learning, Media KOKUBA, Aktivitas Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:01
Last Modified: 19 Feb 2024 01:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item View Item