KURNIATI, DEVI (2023) Pengembangan media interaktif berbasis aplikasi nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v sdn1 mangin. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Masih minimnya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa kelas V di SDN 1 Mangin dikarenakan oleh pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif, sehingga dibutuhkan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengembangan, menguji kelayakan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Nearpod dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah validasi produk media interaktif Nearpod dan N-gain untuk efektifitas media interaktif Nearpod. Hasil validasi produk menunjukkan hasil validator media sebesar 93% dengan kategori sangat layak dan validator materi sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektifitas menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod sangat layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd., Dosen Pembimbing II: M. Syafruddin Kuryanto, S.Si, M.Or. |
Kata Kunci: | Media Interaktif, nearpod, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 18:29 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 18:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20292 |
Actions (login required)
View Item |