Pengaruh model problem based learning berbantu media poster terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas vi sd

MAULIDA, AFIQOTUL (2023) Pengaruh model problem based learning berbantu media poster terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas vi sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstrak

Siswa Kelas VI SD Negeri Cengkalsewu 01 saat ini memiliki permasalahan pada motivasi belajarnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara awal dengan guru kelas dan siswa, serta nilai akhir matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media poster terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VI pada materi lingkaran. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media poster. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dimana siswa diharuskan aktif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator. Media poster merupakan media cetak bergambar yang menarik untuk pembelajaran. Motivasi belajar merupakan salah satu aspek yang menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu Pre-Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI di SD Negeri Cengkalsewu 01 dengan teknik sensus (sampling total). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media poster dan variabel terikat adalah motivasi belajar Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan penentuan koefisien determinasi dengan berbantuan SPSS versi 25, serta Uji Gain. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model Problem Based Learning berbantu media poster dapat mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa kelas VI pada materi lingkaran dengan peroleh nilai signifikasi (0,000 < 0,05) dan perolehan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (9,420 > 2,042) sehingga menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media poster dengan rata-rata gain skor 0,7526. Peningkatan ini masuk dalam peningkatan yang tinggi yakni pada rentang 0,7 < 0,7526 < 1. Model Problem Based Learning berbantu media poster berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penerapan model ini juga telah membuat peningkatan nilai posttest.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Poster, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 19:27
Last Modified: 19 Feb 2024 19:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item