Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan media cermath apps terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

NISA’, MELLY KHOIROTUN (2023) Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan media cermath apps terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa setelah belajar matematika. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang telah dilakukan di SMA N 1 Gebog tergolong rendah. Hal itu dilihat dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas X E-6 yang menunjukkan hanya 19,4% siswa yang memperoleh hasil tes dengan kategori baik. Oleh karena itu, pada penelitian ini, diterapkan model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath Apps. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, (2) Untuk mengetahui rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, (3) Untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath Apps pada kelas eksperimen. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan metode eksperimen (true experimental design). Desain yang dipakai adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian yaitu control group pretest and posttest. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Gebog Kudus Semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X E-6 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X E-8 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath Apps, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes dengan teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta analisis data yang meliputi uji t dua sampel independen dan uji N – Gain. Hasil penelitian menunjukkan, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, (2) rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, (3) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath Apps pada kelas eksperimen.Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath Apps efektif dilakukan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Realistic Mathemarics Education (RME) berbantuan media CerMath disarankan untuk diterapkan pada materi yang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media CerMath Apps, Realistic Mathematic Education.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Feb 2024 22:29
Last Modified: 20 Feb 2024 22:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20307

Actions (login required)

View Item View Item