Pengaruh model pembelajaran auditory intelectualy repetition (air) berbantukan media pimatika terhadap pencapaian kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy

FIQRI, AHMAD RIZAL SAQIBUL (2023) Pengaruh model pembelajaran auditory intelectualy repetition (air) berbantukan media pimatika terhadap pencapaian kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa disebabkan berbagai macam, salah satunya adalah siswa menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sangat susah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan berpikir matematis dan angket self-efficacy yang menunjukan masih rendah, pada angket self-efficacy diperoleh presentase rata-rata 29,76%. Tujuan penelitian ini : (1) menganalisis rata-rata kemampuan berpikir matematis yang diajar dengan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika lebih baik dari yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir matematis dengan menerapkan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika, (3) menganalisis peningkatan self-efficacy dengan menerapkan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika. (4) menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model pebelajaran AIR berbantuan media PiMatika. Penelitian ini dilaksanakan SMK NU Ma’arif Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Subjek penelitian adalah kelas X TKR, populasi dari penelitian ini berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi angket, dokumentasi, dan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas, uji independent t test, uji N-Gain, dan uji regresi. Hasil penelitian menujukaan bahwa (1) rata-rata kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika lebih baik dari rata-rata yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan model AIR berbantuan media PiMatika meningkat sebesar 0,43 masuk dalam kategori sedang, (3) self efficacy siswa yang diajar dengan model AIR berbantuan media PiMatika meningkat sebesar 0,73 masuk dalam kategori tinggi, (4) self-efficacy mempengaruhi kemampuan berpikir matematis secara signifikan pada model pembelajran AIR berbantuan media PiMatika. Berdasarkan hsail penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika berpengaruh terhadap pencapaian kemampuan berpikir matematis dan self efficacy. Dengan hasil tersebut, maka model AIR perlu diterapkan di dalam pembelajaran matematika. Penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model AIR berbantuan aplikasi masih perlu dilakukan, supaya penerapannya bisa semakin relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putrri Purwaningrum, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Ratri Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Model AIR, Media PiMatika, Berpikir Matematis, Self-efficacy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Feb 2024 23:12
Last Modified: 20 Feb 2024 23:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item