Upaya meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teman teknik role playing

SISWANTO, NAFISA ALVA (2023) Upaya meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teman teknik role playing. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Komunikasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan merupakan komponen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, siswa dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik dan benar. Siswa dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan teman, guru, maupun yang berada dilingkungan sekolah. Terdapat berbagai sekolah yang menunjukkan bahwa siswa zaman sekarang kurang memiliki ketrampilan dalam berkomunikasi salah satunya yaitu SMA N 2 Bae Kudus. Hal ini ditunjukkan masih adanya siswa yang memiliki ketrampilan berkomunikasi rendah disekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa SMA N 2 Bae Kudus menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penimgkatan keterampilan berkomunikasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Keterampilan berkomunikasi berkomunikasi merupakan sebuah keterampilan berbicara yang dimiliki oleh seseorang yang dapat digunakan dalam teknik verbal maupun nonverbal yang dapat mampu untuk memahami atau menyelesaikan sebuah konflik secara konstruktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian Quasi Eksperimental. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Mipa 5 yang berjumlah 16 siswa. yang akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen. Variable terikat dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan berkomunikasi siswa sedangkan variable bebasnya adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukannya bimbingan kelompok dengan Teknik role playing (pretest) keadaan keterampilan berkomunikasi siswa cenderung rendah dengan rata-rata 48,625 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan Teknik role playing (posttest) keterampilan berkomunikasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata 62,375. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan mengenai keterampilan berkomunikasi siswa ebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik role playing, dengan signifikan 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik role playing dapat untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Feb 2024 23:25
Last Modified: 21 Feb 2024 00:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item