Mengatasi kecanduan media sosial tiktok melalui konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas xii sma n 1 gebog kudus

AINI, YASMIN QURROTU (2023) Mengatasi kecanduan media sosial tiktok melalui konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas xii sma n 1 gebog kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Kecanduan media sosial tiktok dapat menyebabkan permasalahan yang dapat merugikan siswa yang mengalaminya. Hal ini terbukti dengan kenyataan yang ditemui di SMA N 1 Gebog Kudus. Tujuan penelitian ini untuk menemukan faktor-faktor penyebab kecanduan media sosial tiktok, dan mendeskripsikan cara mengatasi kecanduan media sosial tiktok dengan Konseling Behavioristik Teknik Self Management. Kecanduan media sosial merupakan perilaku ketergantungan untuk mengakses media sosial secara terus menerus akibat rasa ingin tahu yang tinggi. Media sosial tiktok merupakan aplikasi untuk membuat video dengan berbagai gaya yang keren dan menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Kehadiran media sosial tiktok ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan masyarakat, khususnya di kalangan para remaja. Penggunaan media sosial memiliki dampak yang beragam mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Dampak positif yang dapat ditimbulkan adalah untuk mendapatkan banyak teman, sebagai alternatif mencari berbagai informasi dan lain-lain. Sedangkan dampak negatif bagi mereka yang keseringan mengakses atau menggunakan media sosial akan mengakibatkan kecanduan. Dalam penelitian ini perilaku yang sedang mengalami permasalahan yaitu siswa sering menggunakan smartphone untuk membuka media sosial tiktok saat jam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran, siswa tidak fokus pada saat jam pembelajaran, siswa sering mengabaikan tanggung jawab yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pelajar, sering tertidur didalam kelas karena bergadang sampai larut malam dan tidak memiliki konsentrasi saat belajar baik di rumah maupun di sekolah. Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah Konseling Behavioristik Teknik Self Management untuk mengatasi kecanduan media sosial tiktok, dengan Konseling Behavioristik Teknik Self Management ini diharapkan agar siswa mampu untuk mengubah perilakunya yang kecanduan terhadap media sosial tiktok. Konseling behavioristik merupakan suatu pendekatan yang dilakukan konselor untuk membantu konseli dalam mengubah perilaku yang tidak sesuai (mal apadtif) menjadi perilaku yang sesuai (adaptif). Sedangkan teknik self management merupakan suatu proses terapi dimana konseli mengarahkan perubahan perilaku mereka sendiri dengan satu atau lebih strategi terapi secara sadar dengan tujuan agar konseli dapat mengelola perilaku yang baik melalui pikiran, perasaan dan perubatan mereka sendiri untuk mendapatkan perilaku yang ingin diubah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus bimbingan dan konseling dengan metode kualitatif, dengan subjek penelitian 2 siswa kelas XII SMA N 1 Gebog Kudus yang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode wawancara, observasi, kunjungan rumah dan dokumentasi secara mendalam yang nantinya akan memperoleh data yang akurat mengenai masalah yang diteliti yaitu masalah kecanduan media sosial tiktok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang menjadi faktor dari penyebab terjadinya kecanduan media sosial tiktok pada siswa ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab KAI mengalami perilaku kecanduan media sosial tiktok yaitu merasa jenuh karena kurang memahami mata pelajarannya, tidak fokus saat jam pembelajaran karena rendahnya minat belajar siswa dan pengaruh dari teman-temannya yang sering mengajak bermain media sosial tiktok untuk membuat konten video. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab RA mengalami perilaku kecanduan media sosial tiktok yaitu memiliki kontrol diri yang rendah dalam penggunaan smartphone untuk bermain media sosial tiktok tidak berkonsentrasi saat belajar karena rendahnya motivasi dalam belajar dan kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Maka dari itu yang menyebabkan konseli KAI dan RA mengalami perilaku kecanduan media sosial yaitu sering bermain media sosial tiktok saat jam pembelajaran dan diluar jam pembelajaran, tidak fokus pada saat pembelajaran karena rendahnya minat belajar siswa, mengabaikan kewajibannya sebagai pelajar, sering teridur dikelas dan tidak memiliki konsentrasi saat belajar. Setelah dilaksanakan konseling individual dengan menggunakan Pendekatan Konseling Behavioristik Teknik Self Management dapat mengubah perilaku yang kurang baik berubah menjadi perilaku yang lebih baik, itu artinya bahwa Konseling Behavioristik Dengan Teknik Self Management dapat mengatasi permasalahan kecanduan media sosial tiktok yang dialami konseli KAI dan RA. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah di lakukan oleh penelliti, peneliti memberikan saran kepada : 1) Bagi Siswa: Siswa dapat menyelesaikan permasalahannya dalam kecanduan media sosial tiktok dengan menggunakan Konseling Behavioristik Teknik Self Management, 2) Bagi guru BK: Guru BK menggunakan Pendekatan Konseling Behavioristik Teknik Self Management yang dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah yang dialami siswa, 3) Bagi kepala sekolah: Kepala sekolah dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam mengadakan bimbingan kepada siswa sehingga dapat membantu progam bimbingan dan konseling di sekolah, 4) Bagi peneliti: Peneliti dapat melatih meningkatkan kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individual kepada siswa dengan Konseling Behavioristik Teknik Self Management untuk mengatasi kecanduan media sosial tiktok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Kecanduan Media Sosial Tiktok, Konseling Behavioristik, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:40
Last Modified: 21 Feb 2024 00:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item