RAHAYU, LIDIA TRI (2023) Penerapan model contextual teaching and learning (ctl) berbantuan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar ipas siswa Kelas iv sd negeri 2 pelemkerep. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (469kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (351kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran IPAS yang kurang optimal dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri 2 Pelemkerep Jepara. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media audio visual pada mata pelajaran IPAS. Contextual Teacing and Leaarning adalah model pembelajaran bertujuan membantu guru dan siswa dalam memahami materi dengan menghubungkan kehidupan nyata. Audio visual adalah media pembelajaran yang memiliki unsur suara dan gambar yang bergerak tujuannya agar siswa dapat memahami pesan yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Pelemkerep Jepara dengan subjek penelitian 35 siswa dan guru berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 2 Pelemkerep. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media audio visual menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Siti Masfuah S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Ibu Rani Setiawaty, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Contextual Teaching and Learning, Audio Visual, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 00:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 00:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20318 |
Actions (login required)
View Item |