Pengaruh model discovery learning dengan media flip book terhadap kemampuan literasi sains tema 6 panas dan perpindahannya siswa kelas v mi pim mujahidin

SA’IDAH, NUR (2023) Pengaruh model discovery learning dengan media flip book terhadap kemampuan literasi sains tema 6 panas dan perpindahannya siswa kelas v mi pim mujahidin. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang kurang aktif dan cenderung membosankan dapat menyebabkan rendahnya literasi sains. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di MI PIM Mujahidin. Hasil literasi sains siswa masih rendah, dari hasil studi pendahuluan rata-rata nilai literasi sains siswa yaitu 39. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan guru, keaktifan siswa dalam belajar dan pengaruh model discovery learning dengan flip book terhadap literasi sains, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan media flip book terhadap literasi sains siswa kelas V MI PIM Mujahidin. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk secara aktif memakai intuisi, imajinasi, serta kreativitas dalam menarik kesimpulan. Media flip book merupakan buku berbentuk album dalam format virtual yang berisi bahan kajian yang dipadukan dengan gambar, suara, animasi dan navigasi yang membuat pengguna lebih interaktif. Penelitian eksperimen ini akan dilaksanakan di kelas V MI PIM Mujahidin dengan subjek penelitian 20 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode pre-eksperimental design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Pada rancangan ini dilakukan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata nilai kemampuan literasi sains siswa setelah diterapkan model discovery learning dan media flipbook hasil posttes yaitu 78,60 yang berarti nilai lebih dari KKM. (2) ada perbedaan dari nilai pretest dan posstest yaitu nilai pretest 48,20 dan posttest 78,60. (3) ada peningkatan kemampuan literasi sains diketahui dari rata-rata N-Gain score sebesar 0,58877 termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model discovery learning dengan media flip book menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami kemampuan literasi sains.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Siti Masfuah, M. Pd. Dosen Pembimbing 2: Sekar Dwi Ardianti, M. Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Flip Book, Literasi Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:54
Last Modified: 21 Feb 2024 00:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item