YUNIASTUTI, DWI (2023) Efektivitas model pembelajaran stad dan discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar di gugus sultan fatah Kecamatan demak. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (275kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (842kB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak karena pembelajaran yang selama ini dilakukan kurang inovatif, membuat siswa terjebak dalam rutinitas, banyak menghafal, media pembelajaran kurang, sehingga siswa tidak tahu makna atau kegunaan dari materi yang dipelajari.1)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran STAD lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. 2) Apakah penggunaan model pembelajaran discovery learning lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. 3) Apakah penggunaan model pembelajaran STAD dan discovery learning lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-experimental dengan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak yang berjumlah 95 siswa. Sedangkan pengambil sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Jenis Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda. Analisis data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji paired sampel T test dan perhitungan indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan nilai mean 80,65 > 61,45 dan nilai Thitung sebesar 8681 > Ttabel 2,00030 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (2) Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan nilai mean 90,0 > 61,45 dan nilai Thitung sebesar 12,959 > Ttabel 199897 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (3) Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, berdasarkan nilai mean 90,0 > 80,65 dan nilai Thitung sebesar 4,279 > Ttabel 199897 dengan nilai sig0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Slamet Utomo,M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr.Sri Surachmi W,M.Pd. |
Kata Kunci: | STAD, Discovery Learning dan Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20323 |
Actions (login required)
View Item |