Efektivitas model pembelajaran stad dan discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar di gugus sultan fatah Kecamatan demak

YUNIASTUTI, DWI (2023) Efektivitas model pembelajaran stad dan discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar di gugus sultan fatah Kecamatan demak. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak karena pembelajaran yang selama ini dilakukan kurang inovatif, membuat siswa terjebak dalam rutinitas, banyak menghafal, media pembelajaran kurang, sehingga siswa tidak tahu makna atau kegunaan dari materi yang dipelajari.1)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran STAD lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. 2) Apakah penggunaan model pembelajaran discovery learning lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak. 3) Apakah penggunaan model pembelajaran STAD dan discovery learning lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-experimental dengan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus Sultan Fatah Kecamatan Demak yang berjumlah 95 siswa. Sedangkan pengambil sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Jenis Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda. Analisis data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji paired sampel T test dan perhitungan indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan nilai mean 80,65 > 61,45 dan nilai Thitung sebesar 8681 > Ttabel 2,00030 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (2) Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa berdasarkan nilai mean 90,0 > 61,45 dan nilai Thitung sebesar 12,959 > Ttabel 199897 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (3) Model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, berdasarkan nilai mean 90,0 > 80,65 dan nilai Thitung sebesar 4,279 > Ttabel 199897 dengan nilai sig0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Slamet Utomo,M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr.Sri Surachmi W,M.Pd.
Kata Kunci: STAD, Discovery Learning dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:20
Last Modified: 21 Feb 2024 01:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20323

Actions (login required)

View Item View Item