Karakteristik siswa dengan gaya belajar visual kelas iv sd negeri tompomulyo 02

PRATIWI, MARLINA (2023) Karakteristik siswa dengan gaya belajar visual kelas iv sd negeri tompomulyo 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI BAB 1 MARLINA.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI BAB 2 MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI BAB 3 MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI BAB 4 MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI BAB 5 MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MARLINA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 10 April 2023 di SD Tompomulyo 02, permasalahan yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda beda oleh karena itu guru perlu memperhatikan gaya belajar siswa agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku siswa dan mendeskiripsikan cara mengajar guru kelas IV SD Negeri Tompomulyo 02 terhadap siswa dengan gaya belajar visual. Gaya belejar merupakan cara seseorang dalam menerima hasil beljar dengan tingkat penerimaan yang optimal. Gaya belajar visual lebih senang melihat apa yang sedang dipelajari. Usia Sekolah Dasar adalah masa dimana terjadi perubahan yang sangat beragam pada pertumbuhan dan perkembangan siswa yang mana akan mempengaruhi pembentukan karakteristik dan kepripabadian siswa. Siswa kelas IV SD memiliki karakteristik individu yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara naratif. Pengumpulan data penelitian kulaitatif secara naratif diperoleh melalui kegiatan observasi, transkrip wawancara, catatan data, dokumen, dan foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Gaya belajar visual siswa kelas IV SD Negeri Tompomulyo 02 menunjukkan bahwa dari seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Terdapat 6 siswa dengan gaya belajar visual dengan indikator gaya belajar visualnya hampir sama satu dengan yang lainnya. Cara mengajar guru kelas IV menggunakan beberapa variasi mengajar yang di sesuaikan dengan gaya belajar siswa dengan materi yang diajarkan. Metode yang digunakan guru dalam mengajar adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Berdasrkan hasil pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa bagi guru kelas agar mampu memahami gaya belajar dari masing- masing siswa guna menyelaraskan antara gaya belajar siswa dengan cara mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Gaya Belajar, Karakteristik Siswa Kelas IV
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:25
Last Modified: 21 Feb 2024 18:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item View Item