Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 japan pada muatan ipas

ARYANTI, ARLINDA RISTI (2023) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 japan pada muatan ipas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam proses pembelajaran dengan penerapan kurikulum merdeka siswa kurang aktif dan cenderung pasif, rendahnya aktivitas belajar siswa serta kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya sikap, minat belajar, dan rendahnya hasil belajar siswa. Diketahui ada nilai ulangan harian siswa yang belum tuntas. Dari hasil observasi terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase 46% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 siswa dengan presentase 54%. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila mencapai ketuntasan hasil belajar sekitar 70%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Japan belum optimal. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis sehingga hasil yang diperoleh akan mudah diingat oleh siswa. Hasil belajar merupakan segala bentuk perubahan nyata, baik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai bentuk dari hasil proses belajar. Pada penelitian ini hasil belajar yang diamati yaitu pada ranah kognitif saja. Aktivitas belajar merupakan segala interaksi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Japan dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan aktivitas siswa pada muatan pelajaran IPAS materi fotosintesis dan perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas IV SD 2 Japan. Peneliti memberi saran agar model Discovery Learning dapat diterapkan pada pembelajaran dan dikembangkan dengan media yang lebih menarik dan kreatif sehingga siswa dapat aktif, antusias, dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: . Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:37
Last Modified: 21 Feb 2024 18:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item View Item