ARYANTI, ARLINDA RISTI (2023) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 japan pada muatan ipas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (710kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (638kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (29MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam proses pembelajaran dengan penerapan kurikulum merdeka siswa kurang aktif dan cenderung pasif, rendahnya aktivitas belajar siswa serta kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya sikap, minat belajar, dan rendahnya hasil belajar siswa. Diketahui ada nilai ulangan harian siswa yang belum tuntas. Dari hasil observasi terdapat 13 siswa yang tuntas dengan presentase 46% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 siswa dengan presentase 54%. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila mencapai ketuntasan hasil belajar sekitar 70%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Japan belum optimal. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis sehingga hasil yang diperoleh akan mudah diingat oleh siswa. Hasil belajar merupakan segala bentuk perubahan nyata, baik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai bentuk dari hasil proses belajar. Pada penelitian ini hasil belajar yang diamati yaitu pada ranah kognitif saja. Aktivitas belajar merupakan segala interaksi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Japan dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan aktivitas siswa pada muatan pelajaran IPAS materi fotosintesis dan perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas IV SD 2 Japan. Peneliti memberi saran agar model Discovery Learning dapat diterapkan pada pembelajaran dan dikembangkan dengan media yang lebih menarik dan kreatif sehingga siswa dapat aktif, antusias, dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: . Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 18:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 18:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20326 |
Actions (login required)
View Item |