Analisis kecerdasan naturalis siswa kelas 4 dalam pembelajaran ipas di sd 5 kandangmas

THOHA, MUHAMMAD (2023) Analisis kecerdasan naturalis siswa kelas 4 dalam pembelajaran ipas di sd 5 kandangmas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang untuk melakukan klasifikasi mengenai kondisi tumbuhan, binatang, lingkungan maupun alam. SD 5 Kandangmas merupakan salah satu sekolahan di kabupaten Kudus yang sudah mendapatkan predikat sebagai sekolah Adiwiyata dan menerapkan Pembelajaran ramah lingkungan terutama pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan naturalis dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan naturalis pada siswa di kelas 4 SD 5 Kandangmas. Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengetahui tentang flora dan fauna dengan baik, juga memiliki pemahan dalam menikmati alam serta menggunakanya secara produktif seperti Bertani, berburu, dan mengembangkan pengetahuanya tentang alam. Orang yang memiliki kecerdasan nauralis biasanya mempunyai kemampuan untuk tinggal diluar rumah dan dapat berhubungan baik dengan alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah naratif Kualitatif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD 5 Kandangmas yaitu AR, ALR, DMZ, KN, MAAA, NAN sebagai sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu Miles and Huberman dimana data yang diperoleh kemudian di reduksi, lalu disajikan dalam pola, kemudian di ambil kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan naturalis siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas 4 SD 5 Kandangmas sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan dari temuan peneliti yaitu. Siswa menyukai Binatang. Siswa menyukai tanaman. Siswa menyukai aktivitas diluar ruangan dan memiliki kepedulian terhadap binatang maupun tanaman. Siswa menyukai aktivitas yang berhubungan dengan alam. Siswa tertarik dengan berbagai kegiatan diluar rumah dan berkebun. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan naturalis pada siswa kelas 4 SD 5 Kandangmas yaitu faktor biologis, faktor pengalaman serta faktor lingkungan dan budaya. Penelitian ini hendaknya agar pembiasaan ramah lingkungan pada siswa dapat terus diterapkan dan dapat juga dikembangkan ke sekolah lain supaya siswa disekolah lain juga mengenal dan memliki kepedulian terhadap lingkunganya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I:Dr. Sri Utaminingsih, S.pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Moh. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.,
Kata Kunci: Kecerdasan Naturalis, Pembelajaran IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:55
Last Modified: 21 Feb 2024 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item View Item