Implementasi sekolah berbasis kearifan lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler seni tari pada tari ngrekso buwono di sd negeri 1 blimbingrejo

UMIATUN, HANIK (2023) Implementasi sekolah berbasis kearifan lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler seni tari pada tari ngrekso buwono di sd negeri 1 blimbingrejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi sekolah berbasis kearifan melalui kegiatan esktrakulikuler seni tari salah satunya melalui tari ngrekso buwono yang dilaksanakan di SD Negeri I Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Sekolah berbasis kearifan lokal merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan serta mengenalkan kearifan lokal atau budaya-budaya lokal setempat dalam kegiatan belajar mengajar ataupun kegiatan lainnya secara aktif dan terus menerus. Ekstrakulikuler seni tari merupakan salah satu kegiatan pengembangan diri yang ada di SD Negeri I Blimbingrejo yang berfungsi sebagai sarana pengetahuan tentang budaya lokal yang salah satunya mengajarkan seni tari ngresko buwono. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi merupakan jenis dalam peneelitian ini. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri I Blimbingrejo dengan subyek guru seni tari dan empat peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler seni tari. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta catatan lapangan. Uji kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dengan metode uji kreditibilitas, transferablititas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri I Blimbingrejo mengimplementasikan kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tari. Seni tari yang dipilih oleh sekolah sebagai bentuk pengimplementasian kearifan lokal di desa Blimbingrejo merupakan seni tari ngrekso buwono. Faktor pendukung dari kegiatan ekstrakulikuler seni tari meliputi dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kondisi dari peserta didik dan faktor eksternalnya berasal dari pihak sekolah dan orangtua. Hasil dari penerapan tersebut peserta didik memliki nilai-nilai kearifan lokal yang melekat dalam diri peserta didik diantaranya cinta tanah air, gotong royong, kerja sama, kerja keras, toleransi serta disiplin. Guru pelatih mengajarkan nilai-nilai kearifan lokal tersebut selaras dengan kegiatan kearifan lokal yang dilkasankan di desa Blimbingrejo yakni kegiatan resik-resik deso yang dilakukan secara bergotong-royong. Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkakn SD Negeri I Blimbingrejo menerapkan kearifan lokal pada kegiatan ekstrakulikuler seni tari. Terdapat dua faktor pendukung diantaranya faktor internal dan eksternal serta guru juga mengajarkan nilai-nilai kearifan lokal kepada peserta didik untuk diterapkan dalam keseharian peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Sekolah Berbasis Kearifan Lokal, Ekstrakulikuler Seni Tari, Tari Ngrekso Buwono
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 19:15
Last Modified: 21 Feb 2024 19:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item