Menganalisis penguatan karakter tanggung jawab di sekolah dasar (studi kasus pada siswa sdn 04 bantrung)

NUROYYAN, DANY MUHAMMAD (2023) Menganalisis penguatan karakter tanggung jawab di sekolah dasar (studi kasus pada siswa sdn 04 bantrung). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan karakter tanggung jawab pada siswa-siswi SDN 04 Bantrung. Tanggung jawab siswa di SDN 04 Bantrung kurang dijunjung tinggi dalam hal kebersihan kelas terutama di kelas rendah. Permasalahan lain mengenai pendidikan karakter tanggung jawab juga terjadi dalam mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah), dimana beberapa siswa kelas tinggi kebanyakan mengerjakan tugas tersebut di sekolah. Bisa dilihat dari rendahnya tanggung jawab siswa akan kewajibannya untuk belajar, baik di rumah maupun di sekolah yang mengakibatkan siswa tersebut mendapatkan nilai pelajaran yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui tentang karakter tanggung jawab pada siswa SDN 04 Bantrung (2) mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam penguatan karakter tanggung jawab pada siswa SDN 04 Bantrung. Kata karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti to mark (menandai) dan memfokuskan, bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Sedangkan tanggung jawab adalah kita menjawab untuk apa yang kita lakukan. Jika kita akan melakukan sesuatu, ikuti janji kita. Jika kita mengikuti suatu kesalahan, kita harus jujur dengan kesalahan tersebut dan bertanggung jawab dengan menanggung akibatnya Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Bantrung. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengerjakan semua kewajiban sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap hak yang didapatkannya dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara bersama guru dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru berperan penting dalam meningkakan karakter tanggung jawab siswa terutama di sekolah dan disetiap harinya. Orang tua siswa juga mempunyai peran dan pengaruh yang besar dalam pembiasaan karakter tanggung jawab siswa di rumah dan dilingkungan tempat tinggal siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: A. Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Karakter, Tanggung Jawab di Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 19:28
Last Modified: 21 Feb 2024 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item