Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan triangle apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas vii

RAHMATIKA, MAYA SHOFIYA (2023) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan triangle apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas vii. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa terlihat dari hasil uji pendahuluan yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas VII C SMPN 3 Bae diperoleh nilai rata-rata sebesar 14,22 dengan nilai tertinggi 47,5 dan nilai terendah 0. Tujuan penelitian ini: (1) menguji apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas yang diberikan pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps antara siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (2) menguji apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps dengan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (3) menguji apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sesudah dan sebelum diterapkan model inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Teknik pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII C dan VII D SMPN 3 Bae dengan sampel 64 siswa dengan jumlah populasi 150 siswa dari kelas VII A sampai VII E. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir meliputi uji dua sampel independen (Independent Sample T-test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas yang diberikan pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps antara siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps dengan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sesudah dan sebelum diterapkan model inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan media Triangle Apps. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika berbantuan Triangle Apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas VII. Dengan adanya hasil tersebut, maka diharapkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika perlu juga diterapkan di dalam materi matematika lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika, Triangle Apps.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 22:19
Last Modified: 21 Feb 2024 22:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item