Pengaruh model pembelajaran numbered heads together berbantuan flashcard berbasis etnosains terhadap hasil belajar ipa pada siswa sd kelas vi

MARDHIYANA, NAILA ALFA (2023) Pengaruh model pembelajaran numbered heads together berbantuan flashcard berbasis etnosains terhadap hasil belajar ipa pada siswa sd kelas vi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered Heads Together berbantuan media flashcard berbasis etnosains terhadap hasil belajar IPA siswa (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model Numbered Heads Together berbantuan media flashcard berbasis etnosains. Model Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk membentuk kerja sama antar siswa dalam kelompoknya. Media flashcard berbasis etnosains merupakan media berbentuk cetak yang di dalamnya berisi konten yang mengaitkan dengan kearifan lokal daerah di sekitar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VI semester 1 mengambil tema 2 Persatuan dalam Perbedaan di subtema 1 dan 2. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI dari SD 2 Purwosari dan SD 3 Purwosari. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi analisis, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media flashcard berbasis etnosains pada kelas eksperimen. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,87 dan kelas kontrol sebesar 70,09. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,920 lebih besar dari ttabel sebesar 2,009. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media flashcard berbasis etnosains pada kelas eksperimen yaitu ditunjukkan dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,7012 yang berkategori tinggi. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Numbered Heads Together berbantuan media flashcard berbasis etnosains berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI pada tema 2 Persatuan dalam Perbedaan di subtema 1 dan 2.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd, Dosen Pembimbing 2: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Numbered Heads Together, Flashcard Berbasis Etnosains, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 23:11
Last Modified: 21 Feb 2024 23:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item View Item