MARSELADEWI, NADA AMELIA (2023) Analisis gaya belajar pada numerasi berhitung siswa kelas 1 sd 3 rejosari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (435kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Updated Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan dari hasil wawancara dan guru kelas yang menunjukkan gaya belajar yang berbeda-beda pada siswa kelas 1 SD 3 Rejosari. Dimana gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung kemampuan berhitung yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran dan berkomunikasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa. Gaya belajar merupakan cara tercepat dan terbaik yang dimiliki individu dalam menerima, menyerap, mengatur, dan mengolah informasi yang diterimanya. Sedangkan kemampuan numerasi merupakan kemampuan dalam memahami dan menggunakan matematika pada berbagai konteks dengan tujuan untuk dapat menyelesaikan masalah dan mampu menjelaskan suatu informasi kepada orang lain menggunakan matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD 3 Rejosari dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 17 siswa yang diambil berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan kombinasi. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Miles & Huberman dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung senang melihat dan rapi, siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung senang mendengarkan daripada melihat, siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung selalu berorientasi fisik. Faktor pendukung gaya belajar yaitu tersedianya sarana prasarana yang memadai dan modul ajar yang digunakan. Faktor penghambat gaya belajar yaitu tersedianya fasilitas yang memadai akan tetapi guru tidak memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik, guru menggunakan metode pembelajaran, kurangnya guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Simpulan dari hasil penelitian ini terdapat gaya belajar yang berbeda-beda siswa kelas 1 SD 3 Rejosari. Saran dalam penelitian ini agar guru lebih memperhatikan gaya belajar siswa dan mampu menyesuaikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Diana Ermawati, S. Si., M. Pd Dosen Pembimbing 2: Much Arsyad Fardani, S. Pd., M. Pd ( |
Kata Kunci: | Gaya Belajar, Kemampuan Numerasi, Berhitung |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:28 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20340 |
Actions (login required)
View Item |