Pengembangan media diorama bermuatan keterampilan psikomotorik dan kognitif pada pembelajaran ipas berbasis kearifan lokal pada siswa kelas iv Sd negeri baturno

Yusup, Mochamad (2023) Pengembangan media diorama bermuatan keterampilan psikomotorik dan kognitif pada pembelajaran ipas berbasis kearifan lokal pada siswa kelas iv Sd negeri baturno. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hal-hal seperti: 1. Menghasilkan produk berupa pengembangan media pembelajaran diorama pada pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. 2. Keefektifan media pembelajaran diorama dalam pembelajaran IPAS Kelas IV Sekaolah Dasar. Dalam Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Prosedur ini dipilih karena mempuyai langkah yang terperinci tapi sederhana. Prosedur terdiri atas sepuluh yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan, validasi, perbaikan akhir, dan implementasi. Penelitian ini menyesuaikan dengan tujuan penelitian yakni mengembangkan media pembelajaran diorama untuk kelas IV SD, maka peneliti menggunakan sepuluh langkah yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Analisis kebutuhan, dilakukan dengan menentukan karakteristik kebutuhan menurut persepsi guru dan peserta didik. Dilanjutkan dengan analisis data uji validitas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk mengolah data hasil wawancara, observasi, kritik dan saran dari para ahli. Berikutnya Analisis data deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data yang terkumpul dari angket yang terdiri dari angket validasi ahli media, ahli Materi dan angket untuk peserta didik. Dilanjutkan Analisis keefektifan penggunaan media Pembelajaran Diorama dengan menggunakan Uji skor N-Gain. Sedangkan analisis perbandingan rata-rata ketercapaian tujuan pembelajaran antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan uji T. Hasil pengembangan media pembelajaran diorama dalam pembelajaran IPAS kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar murid sesudah dinyatakan oleh validator memperoleh nilai 83,3 dengan kategori valid. Kemudian media diorama diterapkan pada murid kelas eksperimen dengan hasil perhitungan 0,57 dengan kategori sedang. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil test murid di kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh bahwa nilai 7,2 sehingga media pembelajran diorama sangat efektif digunakan pada pelajaran IPAS kelas 4 BAB 6 materi macam-macam kebudayaan khas Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Irfa’i Faturrohman, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun M.Pd.
Kata Kunci: Diorama, Psikomotori, kognitif, Kearifan lokal,IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 23:37
Last Modified: 21 Feb 2024 23:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20341

Actions (login required)

View Item View Item