Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi harmoni dalam ekosistem kelas 5 kecamatan sale kabupaten rembang

Lestarini, Lestarini (2023) Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi harmoni dalam ekosistem kelas 5 kecamatan sale kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar pada Harmoni dalam Ekosistem kelas 5 Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar pada Harmoni dalam Ekosistem kelas 5 Kecamatan Sale Kabupaten Rembang (3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar pada Harmoni dalam Ekosistem kelas 5 Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Blended Learning merupakan metode pembelajaran tatap muka yang didukung oleh pembelajaran berbasis elektronik (luring dan daring) sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan optimal karena kelebihan dari kedua metode tersebut akan dapat saling melengkapi dari masing-masing kekurangan kedua metode pembelajaran tersebut (Rahayu et al., 2022). Sistem Blanded Learning telah digunakan pada seluruh mata pelajaran. Hal ini juga terjadi pada Materi Harmoni dalam Ekosistem selama ini proses pembelajaran Harmoni dalam Ekosistem di Kelas 5 masih dilaksanakan secara konvensional. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di kecamatan Sale. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Mrayun sebagai kelas Kontrol dan SD Negeri 2 Wonokerto sebagai kelas eksperimen sebagai sampel. Sedangkan untuk uji coba instrument dilaksanakan di SD Negeri Rendeng. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan analisis data. Sumber data penelitian berasal dari angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda rerata dan N Gain dengan uji taraf signifikasi 0,05 dengan menggunakan SPSS 29. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan dalam dalam penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar siswa. Terdapat hubungan positif dan signifikan dalam penggunaan model blended learning terhadap minat belajar siswa. Ada kenaikan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan besar kenaikan nilai N Gain sebesar 33,37.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Gunawan Setiadi, SIP., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, M.Pd
Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:06
Last Modified: 22 Feb 2024 00:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item