Pengaruh model mind mapping berbantuan media couple card terhadap hasil belajar siswa kelas iv di sd purwosari

QOMARIA, EVI (2023) Pengaruh model mind mapping berbantuan media couple card terhadap hasil belajar siswa kelas iv di sd purwosari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang kurang interaktif menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada Kurikulum Merdeka. Hal ini dikarenakan kurangnya strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah yang berpedoman pada buku siswa sehingga pembelajaran terkesan bersifat teacher based learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan penggunaan model mind mapping berbantuan media couple cards terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping berbantuan media couple cards terhadap hasil belajar siswa. Mind mapping adalah model pembelajaran inovatif yang menghubungkan penemuan konsep yang bersifat umum menjadi khusus dengan memanfaatkan otak untuk mengasosiasi pengetahuan menjadi sebuah ide secara visual dalam bentuk kata, gambar, symbol, atau peta pikiran. Media couple cards adalah kartu berpasangan antara kartu soal dan kartu jawaban. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Purwosari, sedangkan sampel yang terpilih adalah kelas IV SD 2 Purwosari dan SD 3 Purwosari. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara probability sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil perhitungan uji nilai N-gain score kelas eksperimen adalah sebesar 59,4987 atau 59,5% termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping berbantuan media couple cards cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Hasil rumusan yang kedua menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai thitung = (5,6999) > ttabel = (2,0301) dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping berbantuan media couple cards terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Purwosari tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup efektif ketika menggunakan model mind mapping berbantuan media couple cards sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan model mind mapping berbantuan media couple cards terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Saran untuk guru diharapkan perlu membimbing lebih extra kepada siswa secara merata pada setiap pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Hasil Belajar; Tumbuhan Sumber Kehidupan Penting di Bumi; Mind Mapping; Couple Cards
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:02
Last Modified: 22 Feb 2024 18:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20345

Actions (login required)

View Item View Item