Analisis kemandirian belajar pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas iii sd negeri 03 jambean margorejo pati

Hidayat, Syah Rizal (2023) Analisis kemandirian belajar pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas iii sd negeri 03 jambean margorejo pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran kemandirian dan komunikasi siswa kelas III SD Negeri Jambean 03 dalam mengikuti pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini belum efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD Negeri 03 Jambean Margorejo Pati dan bagaimana fakta kemandirian belajar siswa kelas III dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 03 Jambean Margorejo Pati dan menganalisis fakta kemandirian belajar siswa kelas III dalam pembelajaran matematika. Kemandirian belajar adalah proses kegiatan belajar siswa yang dapat mengambil inisiatif sendiri, tanpa tergantung dengan orang lain, untuk menentukan tujuan belajar, mengidentifikasi sumber belajar, dan melakukan evaluasi hasil belajar yang dicapai pada mata pelajaran Matematika. Kemampuan komunikasi matematika mengandung arti kemampuan siswa dalam matematika yang meliputi kemampuan membaca, menyimak, berdiskusi, menelaah, mengevaluasi ide, simbol, istilah, serta informasi matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jambean 03 Margorejo, Kecamatan Margorejo. Menggunakan penelitian kualitatif untuk mengumpulkan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data mencari dan menyusun secara sistematis menggunakan model meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kemandirian belajar pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD Negeri 03 Jambean Margorejo Pati, siswa sebagian memiliki kemampuan tingkatan kemandirian dan komunikasi yang rendah, sedang, dan tinggi. Sedangkan guru dalam pembelajaran matematis yakni menetapkan kesepakatan, mendisen pembelajaran yang dikehendaki siswa, menciptakan kompetensi yang positif, dan memberikan apresiasi kesiswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa analisis kemandirian belajar pada kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar tentang permasalahan siswa masih kurang meliputi keahlian membaca, mendengarkan, diskusi, menjelaskan, menulis, dan simbol matematis. Siswa kelas III dengan kategori rendah sejauh ini belum menyajikan secara lisan, gambar, dan simpulan, kategori sedang sejauh ini secara lisan masih perlu ditingkatkan, dan kategori tinggi sudah cukup dari segi kemampuan komunikasi matematisnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kemampuan Komunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:27
Last Modified: 22 Feb 2024 18:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item