Hubungan model role playing dalam project market day terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas iv di sd 5 jepang

Sari, Novia Ratna Purnama (2023) Hubungan model role playing dalam project market day terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas iv di sd 5 jepang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan literasi numerasi siswa secara khusus dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Salah satu strategi pembelajaran matematika pada implementasi kurikulum merdeka belajar yakni pembelajaran berbasis proyek, contohnya project market day. Pelaksanaan project market day di SD 5 Jepang dilakukan dengan menerapkan model role playing. Siswa akan bermain peran menjadi penjual dan pembeli dalam project market day. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan literasi numerasi siswa dan menguji hubungan penerapan model role playing dalam project market day terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Model role playing adalah model pembelajaran yang dilakukan melalui aktivitas bermain peran. Project market day adalah proyek P5 yang dilaksanakan melalui kegiatan bazar di setiap satuan Pendidikan. Kemampuan literasi numerasi adalah keahlian manusia dalam menggunakan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah mateamtis dalam kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode korelasional yang dilaksanakan di kelas IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 35 siswa. Variabel bebas dalam penelitian yaitu model role playing dalam project market day sedangkan variabel terikatnya yakni kemampuan literasi numerasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian mengkasifikasikan kemampuan literasi numerasi siswa pada penerapan model role playing dalam project market day dalam 3 kategori yakni pada kategori tinggi sebesar 48,6%, kategori sedang sebesar 40,0% dan kategori rendah sebesar 11,4%. Hasil perhitungan koefisien korelasi product moment menghasilkan nilai rhitung 0,487 dan 0,784. Sedangkan perhitungan korelasi berganda menghasilkan nilai R 0,791 > nilai rtabel 0,334. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di SD 5 Jepang dapat disimpulkan bahwa siswa yang mencapai kemampuan literasi numerasi pada kategori tinggi ada 17 siswa, pada kategori sedang ada 14 siswa, dan pada kategori rendah ada 4 siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan model role playing dalam project market day terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Saran dalam penelitian ini yakni guru dapat melaksanakan inovasi pembelajaran matematika dengan menerapkan model role playing dalam project market day agar siswa lebih memahami materi matematika. Pemahaman materi yang mendalam dapat tercapai apabila siswa memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Moh. Syafruddin Kuryanto, S. Si., M. Or. Dosen Pembimbing 2: Lovika Ardana Riswari, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Model Role Playing, Project Market Day, Kemampuan Literasi Numerasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:32
Last Modified: 22 Feb 2024 18:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20355

Actions (login required)

View Item View Item