Nilai kearifan lokal tradisi grebeg besar: sumber belajar pendidikan sosial budaya siswa sd n tlogorejo 1 kabupaten demak

SA’ADAH, UMI (2023) Nilai kearifan lokal tradisi grebeg besar: sumber belajar pendidikan sosial budaya siswa sd n tlogorejo 1 kabupaten demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
hal .judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran IPS di sekolah dasar dirasa membosankan dan siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Banyak guru yang belum secara optimal menggunakan kearifan lokal sebagai sumber belajar siswa, yang mana kearifan lokal bisa menjadi contoh nyata yang dekat dengan siswa, salah satunya adalah kearifan lokal tradisi grebeg besar di Kabupaten Demak. Dengan adanya sumber belajar berkaitan dengan tradisi grebeg besar yang merupakan kearifan lokal kabupaten demak sehingga siswa dapat lebih mengenali budaya daerahnya sendiri dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai tradisi pada tradisi grebeg besar dan pemanfaatan tradisi grebeg besar sebagai sumber pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tradisi merupakan salah satu warisan turun temurun dari nenek moyang yang harus diikuti oleh masyarakat setempat karena diyakini dapat memberikan pedoman hidup bagi mereka yang masih hidup. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dijadikan sebagai acuan atau rujukan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Penelitian akan dilaksanakan di Makam Sunan Kalijaga, Masjid Agung Demak, dan SDN Tlogorejo 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data etnografi menurut Spradley dengan proses analisis data yang dimulai dengan menentukan informan kunci, lalu melakukan wawancara, kemudian dilakukan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial, selanjutnya, peneliti menemukan tema-tema budaya hingga akhirnya peneliti menuliskan laporan penelitian etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi grebeg besar mengandung beberapa nilai, diantaranya nilai religius, nilai gotong royong, nilai estetika, nilai kepemimpinan dan nilai ekonomi. Tradisi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran berupa sebuah modul muatan ilmu pengetahuan sosial yang dikaitkan dengan tradisi grebeg besar, contohnya nilai-nilai pada tradisi grebeg besar yaitu seperti nilai gotong royong yang dikaitkan dengan materi upaya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Penelitian ini hendaknya guru dapat memanfaatkan tradisi grebeg besar atau kearifan lokal daerah sebagai sumber belajar siswa agar siswa dapat lebih mengenali budaya daerahnya sendiri dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, M.Pd.,
Kata Kunci: Tradisi, Sumber Belajar, Sosial Budaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 23:57
Last Modified: 22 Feb 2024 23:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20365

Actions (login required)

View Item View Item